Naaah Selingan selingan untuk para 53-ers ....kali ini kita masukan topik setting CVT untuk motor matic anda ...dimulai dengan cara yang sederhana seperti penggantian roller dan per CVT......untuk memaksimalkan tenaga mesin dengan trek harian yang dilalui baik untuk sekolah, kerja, maupun aktivitas sehari hari...untuk yang sama sekali belum mengenal apa sihh CVT itu ....simpel nya ini adalah ratio gigi yang dapat berpindah sendiri sesuai dengan putaran mesin ....naaah biasanya kalau settingan pabrikan mereka melakukan setting untuk menghitung pada maksimum speed rpm nya harus tetap berada di range yang aman ..alias rpm nya relatif rendah .....hasil nya kalau kita pakai untuk sehari hari dengan trek yang 200 m ketemu lampu merah ...motor anda akan terasa tidak responsif sama sekali karena walaupun di buka gas full...tetap saja Putaran motor anda sulit untuk teriak ....nahh bagiamana cara melakukan setting roller dan Per CVT pada motor anda ....garis besar nya semakin ringan roller maka putaran mesin akan semakin tinggi akibat nya ...akselerasi motor anda akan semakin cepat, tetapi top speed yang dihasilkan juga akan berkurang dengan semakin ringan nya roller yang anda pakai ...begitu juga dengan per CVT semakin keras per yang anda gunakan torsi mesin di putaran bawah akan semakin besar, tetapi kalau terlalu keras efek nya sama seperti roller ...top speed anda akan berkurang ....naah inti dari melakukan setting atau tuning pada Sektor CVT ini adalah menemukan ukuran roller dan Per CVT yang tepat dengan selera dan cara mengemudi atau riding style anda supaya dapat memaksimalkan power mesin yang tersedia .....Sebagai Contoh Scoopy Injeksi 130 cc kita mendapat settingan roller dengan per CVT yang enak untuk diajak akselerasi di dalam kota menggunakan roller 7 gr rata dengan per 1500 rpm....motor bisa langsung teriak dan enak diajak berakselerasi sampai ke 80 km/jam .....dengan konsumsi bensin 1 liter shell V power untuk 30 km/jam....Kemarin kita coba riset bagaimana apabila menggunakan Per CVT lebih keras, tetapi kita naikan juga roller nya supaya secara keseluruhan top speed tidak akan hilang dan akselerasi masih sama kurang lebih nya .....kita seling roller nya menjadi 7 dan 8 gr, kemudian menggunakan per CVT 2000 RPM ....Hasil nya motor masih mendapatkan akselerasi yang sama bahkan lebih nendang di range 20-60 km/jam dan untuk top speed pun tidak berbeda jauh sekitar 100 km/jam ...dan yang cukup mengagetkan konsumsi bahan bakar nya menjadi lebih hemat .....1 liter Shell V power dapat menempuh jarak 35 km....bagaimana bisa yaaah ....ternyata perbedaan nya menggunakan per lebih keras dengan roller lebih berat ketika diajak berakselerasi kemudian motor dijalankan konstan di 40-60km/jam ...putaran mesin yang dibutuhkan untuk mempertahankan kecepatan tersebut lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan Roller ringan dan per yang lebih lembek otomatis bukaan gas motor anda juga tidak usah dalam dalam ...cukup sedikit saja motor sudah bisa berlari konstan ....tapi kekurangan nya apabila anda mempertahankan kecepatan konstan di 60-80 km/jam ...penggunaan per keras akan sedikit menambah getaran pada motor anda karena kekerasan per akan memaksa belt tertekan lebih keras untuk kembali pada posisi awal ...jadi seperti titik keseimbangan dimana roller dan per bekerja dengan gaya dorong yang sama ....roller memaksa keluar seiring putaran mesin, sedangkan per juga memberikan reaksi untuk menendang balik ke posisi semula ....naaah kurang lebih seperti itu yang terjadi ...tapi kalau untuk berkendara di kota sehari hari dengan range 40-60 km/jam ...hasil yang di dapat dari riset ini cukup menggembirakan ...Tenaga motor maksimal dengan Konsumsi bensin Maksimal ....beda nya bisa 15 % lho lebih irit nya ....naah ternyata dengan Setting atau Tuning Sektor CVT anda ...bisa mendapatkan motor kencang yang irit sesuai dengan trek motor yang anda gunakan sehari hari ....Ilmu setting Motor Balap Di Trek Dadakan di Aplikasikan untuk Trek Sehari hari yang anda tempuh ... ......mengikuti slogan nya Pabrikan VIP Racing ...No Tune No Live ....hehehehhe....Sampai Jumpa di Postingan Selanjut nya ....[Variasi 53]
4 komentar:
Klo settingan buat beat fi biar akselerasinya lari tp buat sehari hari pake roller brp gram ama per brp rpm? Kemaren pake roller selingan 7 sm ori ga enak bgt, mesin ane msh standar
Thanks sebelumnya
Montor saya scopyfi enak pke per cvt ap ya buat streat/trek jarak jauh trima kasih
gan, klo motor ane kan suzuki nex FI, kmaren abs ganti roller 12gr, untuk stndart nya kan 10gr. jd ane bikin berat naik 2 poin d atas nya. untuk jarak jauh emg speed makin nampol, tp untuk tarikan awal jd agak berat, biar tarikan awalnya tetep yahut/spontan, dan buat jauh juga speed tetep nambah enaknya gmn ya gan? roller tetep 12gr, tp per d ganti yg keras gt oke ga gan? mohon sarannya. thank u
Posting Komentar