Jenis Motor Untuk Jalan Raya

Jenis Motor Untuk Jalan Raya

Jenis motor untuk jalan raya ini di desain untuk di kendarai di jalan beraspal. Biasa nya jenis motor ini dilengkapi dengan ban yang berkompon lunak, dengan corak yang tidak ekstrim, kapasitas mesin yang banyak dipakai pun berkisar antara 50 sampai 450 cc. mengingat tingkat keekonomisan dari konsumsi bahan bakar untuk penggunaan harian. Rekor yang bisa di capai untuk konsumsi bahan bakar teririt sekitar 1,2 lt untuk setiap 100 km perjalanan. Motor Untuk Jalan raya ini di bagi lagi menjadi beberapa kategori seperti :
Cruiser

Biasanya motor tipe ini mempunyai desain yang mengutamakan kenyamanan untuk perjalanan jauh. dan kebanyakan motor cruiser adalah hasil penyesuaian kepada bentuk tubuh pemilik nya. agar dirasakan sangat relax ketika dikendarai. tipe motor cruiser ini kebanyakan sulit untuk diajak menikung pada kecepatan tinggi.
Sport

Gambaran pertama ketika mendengar kata sport, adalah motor dengan kemampuan berakselerasi, Kecepatan tinggi, dan kemampuan manuver yang handal. Oleh karena itu biasanya motor jenis ini mempunyai mesin yang kuat, dilengkapi dengan frame yang ringan. Level terendah dari motor sport ini adalah motor dengan kapasitas 125 sampai 400 cc, kemudian di ikuti dengan super sport dengan kapasitas 600 sampai 800 cc, super bike dengan kapasitas 800 sampai 1100 cc, hyper sport dengan kapasitas 1100 sampai 1400 cc.
Touring

Walaupun semua motor dapat dipakai untuk touring. tapi motor yang spesial untuk touring biasanya dilengkapi dengan fairing lengkap untuk mengurangi terpaan angin kepada pengguna nya, kemudian biasanya motor ini dilengkapi dengan kapasitas tank bensin yang besar.
Naked Bike

Motor tipe ini dikenal juga dengan nama motor jalanan atau motor standar. motor tipe ini lebih mengutamakan fungsi, performa, dan ergonomis dibandingkan dengan aerodinamis. kebanyakan motor tipe ini posisi menunggang nya sama dengan motor sport. Sumber Wikipedia -Variasi 53-

Tidak ada komentar: